Monday, February 18, 2013

Tulang kelangkang Manusia


Sacrum adalah tulang segitiga besar yang membentuk bagian bawah tulang punggung. Hal ini terdiri dari lima vertebra sakral, yang semuanya digabungkan bersama untuk membentuk tulang ini wedge berbentuk segitiga dengan cekung ke depan. Batas atas atau dasar wedge memiliki artikulasi dengan vertebra lumbalis kelima. Batas bawah atau puncak wedge yang berartikulasi dengan tulang ekor. Lateral, sakrum berartikulasi dengan dua tulang iliaka untuk membentuk sendi sacroiliac.

Pada anak-anak, vertebra sacral tidak menyatu. Mereka mulai sekering bersama di sekitar 16 tahun dan fusi selesai sekitar 26 tahun.
Sacral tanjung:

Seperti dijelaskan di atas, sakrum menyatu adalah wedge tulang berbentuk segitiga. Dasar wedge yang dibentuk oleh vertebra sakral pertama. Margin anterior dan bagian atas dari vertebra ini tonjolan maju sebagai margin posterior dari cerukan panggul. Ini marjin menonjol disebut tanjung sakral. Ini adalah tengara obstetri penting yang digunakan dalam pelvimetri.
Sacral kanal dan foramen:

Foramen vertebra tulang vertebra sakral kolektif membentuk sebuah kanal yang disebut kanal sakral. Ini lodges saraf tulang belakang sacral, yang filum terminale, dan bahan fibrofatty. Dinding anterior dan posterior kanal yang dilubangi oleh empat anterior dan empat foramina sakral posterior masing-masing. Melalui foramina sakralis anterior muncul rami anterior saraf tulang belakang sacral. Di sisi lain, rami posterior dari saraf tulang belakang sacral muncul melalui foramina sakral posterior.
Sacral hiatus:

The lamina dari vertebra sakralis kelima gagal menyatu di garis tengah dan dengan demikian membentuk hiatus sakral. Ini adalah situs penting untuk pungsi lumbal.
Ala sakrum:

Di kedua sisi tubuh dasar sakrum, ada permukaan segitiga besar yang disebut ala. Mendukung utama psoas dan batang lumbosakral.
Median sacral crest:

Dalam garis tengah sakrum pada permukaan posterior, ada sebuah puncak yang disebut puncak sakral median. Hal ini sering diatasi oleh tiga atau empat tuberkel, yang mewakili proses spinosus dasar dari bagian atas tiga atau empat vertebra sacral.

No comments:

Post a Comment